Monograf Latihan Sirkuit berbasis Neurosains

Penulis

Pinton Setya Mustafa, M.Pd

Hafidz Gusdiyanto, M.Pd

Layout & Desain Sampul

Muhammad Zul Amri Izzudin, M.Si

Ukuran

vi + 70 hlm, Uk: 15,5 x 23 cm

ISBN

978-623-8373-24-6

Sinopsis

Buku monograf ini dibuat sebagai respons terhadap tantangan dalam bidang kebugaran jasmani dan kesehatan, khususnya dalam mengoptimalkan efektivitas latihan fisik. Masalah yang menjadi fokus adalah bagaimana latihan sirkuit dapat ditingkatkan dengan bantuan prinsip-prinsip neurosains, sebuah bidang yang mempelajari struktur dan fungsi sistem saraf.

Latihan sirkuit berbasis neurosains menekankan pentingnya merangsang sistem saraf melalui latihan yang beragam dan dinamis, tidak hanya untuk meningkatkan kinerja fisik tetapi juga untuk memperkuat konektivitas neural. Dengan menggabungkan pemahaman tentang kemampuan otak untuk membentuk dan mengorganisir ulang koneksinya, maka latihan sirkuit berbasis neurosains menawarkan cara untuk meningkatkan fungsi motorik, koordinasi, dan keseimbangan. Jadi latihan tidak hanya diukur dari peningkatan kekuatan atau daya tahan tetapi juga dari kemajuan dalam kinerja neurologis.

Tujuan dari latihan sirkuit berbasis neurosains adalah untuk menyediakan program latihan yang tidak hanya meningkatkan aspek fisik tetapi juga untuk memaksimalkan fungsi otak dan kesehatan neurologis. Manfaat dari latihan sirkuit berbasis neurosains mencakup peningkatan waktu reaksi, kecepatan pemrosesan, dan efisiensi dalam melakukan tugas-tugas motorik kompleks. Latihan sirkuit berbasis neurosains tidak hanya bermanfaat bagi atlet yang mencari peningkatan performa tetapi juga bagi individu pada umumnya yang ingin memelihara dan meningkatkan kesehatan otak, sehingga menunjukkan manfaat yang luas dari pendekatan latihan ini dalam bidang kesehatan dan kebugaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *